Skip to main content

Essay By Martha Alfiani

Pluralitas Suku Sebagai Wadah Pemersatu Bangsa


Indonesia adalah Negara Asia Tenggara yang memiliki pluralitas yang berbeda-beda yaitu Suku, Ras, dan Adat istiadat. Seperti dalam mottonya yaitu “Berbeda-beda Tapi Tetap Satu Jua”. Memiliki banyak perbedaan akan menjadi keunikan bagi Negara Indonesia. Dari setiap Suku Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua Nugini. Indonesia yang terkenal bagian masyarakat yang mendomisi warga Islam. Dengan perbedaan setiap wilayah, beragam-ragam adat memiliki kebanggaan Indonesia di hadapan dunia. Tidak hanya itupun, bahkan Indonesia salah satunya negara yang kaya akan Biodiversitasnya dibandingkan dengan Negara-negara lain.

Walaupun banyak perbedaan di setiap wilayah, tapi tetap saja terjadi adanya perselisihan antara pro dan kontra dengan berbeda suku. Banyak sekali seperti yang terlihat suku yang berada di Jawa, orang- orang disana mungkin tidak begitu artinya kekeluargaan apabila ada suku Sumatera maupun Kalimantan yang berdomisi kesana. Mereka menganggap ada perbedaan, dan menyinggung suku antar suku. Tetapi ada juga sebagian diantaranya mengerti untuk saling menghargai dan menghormati antar sukunya. Baik itu dari tutur bahasa, maupun adat yang mereka tampilkan. Perkataan yang biasanya menyinggung perasaan antar suku, maupun tingkah laku yang memberikan kesan tidak baik. Salah satunya moral. Moralitas adalah sikap yang sangat penting dalam menjaga kekeluargaan antar sesama. Tapi, bagaimana kondisi di Negara kita yaitu Indonesia? Apakah semua telah menjalani sikap moral yang baik. Sebagaimana dalam isi pancasila Indonesia yaitu sila ke tiga, Persatuan Indonesia. Yang artinya menciptakan kesatuan bangsa yang utuh, menciptakan sikap yang baik. Sekiranya ada yang telah melakukannya. Inilah yang menjadi penghambat setiap wadah pemersatu bangsa, apabila setiap kalinya mengembangkan hal-hal yang tidak baik. Tidak tahu bagaimana nasib Negara Indonesia kedepannya. Walaupun itu akan terjadi,terimahlah dengan sabar, dan yang terpenting bagaimana rencana kedepan untuk membuat Indonesia menjadi lebih baik. Menjadi negara yang makmur dan sejahtera bagi warganya.

Jadi, sebagai pemuda Indonesia,khususnya pemuda pelajar maupun mahasiswa yang tidak hanya berpartisipasi dalam sosial masyarakat, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, bersikaplah positif untuk saling menghargai pluralitas, baik dilingkungan sekeliling maupun lingkungan luar. Memegang teguh solidaritas kebersamaan yang baik serta tutur kata yang sopan dari ucapan maupun  perbuatan. Lakukan yang terbaik dan menjaga kekeluargaan yang bermakna menuju wadah pemersatu bangsa Indonesia. 

Comments

Popular posts from this blog

Artikel Tentang Mikroba Dalam Kehidupan Sehari-hari Di Dunia Kesehatan

Ada Bakteri Di Balik Keputihan "Perlu kamu ketahui, bahwa di setiap badan kita pastinya banyak sekali bakteri yang menempel, salah satunya didalam dunia kesehatan yaitu organ reproduksi pada kaum wanita di bagian miss V-nya   yang menyebabkan masalah dibalik keputihan" Sumber gambar : ciricirikeputihan.com Apakah kamu pernah mengalami rasa tidak nyaman dibagian miss V ? Tentu saja, masalah seperti ini menjadi bagian yang selalu terjadi setiap kaum wanita. Banyak sekali kaum wanita dalam menyepelekan masalah kebersihan miss V -nya. Salah satunya adalah keputihan. Keputihan atau biasa disebut leukorrhea atau fluor albus adalah penyakit yang banyak diderita kaum wanita, seperti wanita dewasa, remaja, ibu hamil, seorang wanita di usia menopause, dan bahkan pada bayi yang baru dilahirkan. Yang ditandai dengan keluarnya cairan bukan darah dari vagina. Beberapa orangtua sempat cemas anaknya mengalami gangguan keputihan atau keluar cairan lengket dari alat kelami

Article Of Microbiology

Streptococcus salivarius : Waspadai Penyakit dari Gigi dan Mulut         Penahkah kamu mengalami bau mulut yang tidak merasa pede ketika berbicara dengan orang lain? Bahkan lidahmu yang kelihatan bintil-bintil hitam. Tanpa disadari bahwa betapa banyak kamu memakan makanan yang manis dan berbau sedap, semakin banyak bakteri yang menempel disetiap sela-sela gigi dan lidah mu. Apalagi kamu tidak membersihkannya. Kemungkinan akan berdampak fatal bagi kesehatan tubuhmu.  Mau tahu apa penyebabnya? Dan bagaimana solusinya. Dalam artikel saya kali ini membahas  tentang salah satu bakteri Streptococcus salivarius yang kebanyakan ditemukan disisi dorsal lidah, yang akan menjelasakan masalah datangnya bau mulutmu. Klasifikasi ilmiah   Kerajaan: Bakteri  Filum    : Firmicutes  Kelas:   Basil Order: Lactobacillales Keluarga: Streptococcaceae Genus: Streptococcus Spesies S. salivarius  Nama Binominal Streptococcus salivarius         Sebenarnya masal